26 Januari, 2019

Pelatihan Digital Marketing Untuk Menciptakan UMKM Yang Berkualitas


Klirong.Info - Komunitas Kebumen Desa Digital (KDD) dan Komunitas DeMIT (Desa Melek Informasi Teknologi) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Klirong serta Perpusdes Ngudi Ngilmu Desa Klirong menyelenggarakan pelatihan bagi pelaku UMKM di Kecamatan Klirong dengan tema "Digitalkan Bisnismu Secara Sistematis", tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatnya literasi digital khususnya untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) para pelaku wisata dan pelaku usaha lainnya agar bisa lebih “menjual” produk mereka ke konsumen. Digital marketing dipilih karena, cara ini efektif (tingginya angka penggunaan internet dan media social), murah dan terjangkau untuk para pelaku usaha kecil.


Kepala Dinas Kominfo yang diwakilkan oleh Kepala Bidang PDE pada Dinas Kominfo Kebumen Luhur Rahpinuji, S.IP menyampaikan bahwa progam/kegiatan seperti ini sangat positif dan sangat mendukung perkembangan teknologi informasi di desa. Dan diharapkan untuk para pelaku UMKM kedepannya untuk memanfaatkan teknologi sarana berupa handphone sebagai pemasaran produk mereka.


Kegiatan yang berlangsung selama satu hari yaitu pada hari Sabtu tanggal 26 Januari 2018 ini menghadirkan beberapa pemateri diantaranya dari Diskominfo Kabupaten Kebumen, Bank Jateng KCP Kebumen, Erri Founder Pasar Pereng Desa Grenggeng, dan Yuri Dulloh Owner Yuam Coffe Roasted Ambal, serta Wahyu Yoga Pratama Founder KDD. Peserta merupakan para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di wilayah Kecamatan Klirong.

Setelah diadakannya kegiatan ini, diharapkan nantinya pendampingan akan lebih efektif. Output yang kita harapkan nantinya adalah sebuah kesinambungan para pelaku usaha, BUMDes, pelaku wisata dan lainnya. Adanya sebuah komunitas atau media sharing sejenis yang nantinya bisa dijadikan ajang mereka untuk “upgrading knowledge” seputar dunia yang mereka geluti, bisa melalui pendampingan melalui grup whatsapp atau pertemuan rutin yang nantinya akan ada diskusi untuk menjawab setiap permasalahan yang mungkin terjadi.


Kenapa hal itu penting, karena menurut kami pendampingan merupakan factor penting sebuah kegiatan dapat berjalan. Ada seorang guru yang setiap saat siap berbagi ilmu, seorang teman selalu siap sharing dan diajak bersama-sama bertumbuh, ada seorang bapak yang siap selalu menyemangati dan mencoba memberi alternatife solusi dan segala kebutuhan lain yang diperlukan agar kita bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kami dari Komunitas DeMIT Klirong dan Komunitas KDD ingin hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut agar kita bisa bertumbuh dan besar bersama.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon