20 Agustus, 2019

Lokakarya Desa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2020 Desa Klirong

Klirong.Info - Setelah dilaksanakan musyawarah desa pembentukkan tim penyusun dan tim verifikasi, maka selanjutnya dilaksanakan Lokakarya bertempat di Aula Balai Desa Klirong yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sekretaris Desa Klirong, Perangkat Desa, Ketua BPD dan anggota, Tim Monitoring Kecamatan, Pedamping Lokal Desa, Pendamping Desa, Forkopimcam, Ketua LKMD dan Anggota, Ketua RT dan RW se-Desa Klirong, Kader Posyandu, PKK, Ketua BUMDes, Anggota Kelompok Tani dan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda serta dari dinas-dinas terkait.


Lokakarya Desa Klirong dalam Rangka Penyusuna RKP desa Tahun Anggran 2020 diselenggarakan pada Senin, 20 Agustus 2019 bertempat di Aula Balai Desa Klirong. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Klirong Bapak Slamet yang sekaligus membuka acara lokakarya ini, dalam sambutan pembukaan beliau memaparkan kegiatan yang sedang berjalan di tahun 2019 dan kegiatan yang akan segera dijalankan oleh Pemerintah Desa. Selanjutnya sambutan dilanjutkan dari Tim Monitoring Kecamatan Klirong yang disampaikan oleh Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Klirong Agus Mursalin, S.Ag. menyampiakan sambutan yang juga memberikan arahan agar acara ini berjalan dengan lancar.

Sambutan berikutnya dari bapak Warsudi Koordinator PPL Kecamatan Klirong beliau menyampaikan beberapa kegiatan yang dapat diusulkan ke Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen diantaranya selain irigasi pertanian juga desa dapat mengusulkan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) untuk memperlancar pengangkutan hasil pertanian dengan syarat jalan masih dalam bentuk tanah dengan luas 2 meter selain itu juga desa dapat mengusulkan alat-alat pertanian untuk menunjang peningkatan hasil pertanian dan juga pelatihan kepada anggota kelompok tani dan disertivikasi pertanian.


Sambutan dilanjutkan oleh OPD Dinas Kesehatan Kecamatan Klirong yang disampaikan oleh Ibu C. Oktafika L. menyampaikan pentingnya partisipasi masyarakat untuk mengikuti Pos Binaan Terpadu (POSBINDU), terkait masalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)dimohon kepada kader kesehatan desa untuk aktif dalam melaksanakan kegiatan Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Sambutan dari Kapolsek Klirong AKP Diyono menyampaikan untuk saling mendukung dan mengawasi kegiatan yang berjalan agar dapat melaksanakan kegiatan desa agar desa dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar.


Setelah itu ketua TIM penyususnan RKPDes tahun anggara tahun 2020 yaitu Sekretaris Desa, Desa Klirong Priyo Susanto, ST. menyampaikan sambutan dan laporan dalam acara ini. Pada Lokakarya ini membahas beberapa hal sebagai berikut:

  • Rencana PAD
  • Pagu Indikatif Desa
  • Pencermatan Ulang Dokumen RPJM Desa
  • Evaluasi Pembangunan Tahun sebelumnya
  • Analisa keadaan Darurat
  • Pencermatan Kerjasama Antar Desa
  • Matrik Kegiatan RKP Desa
  • Rencana Anggaran dan Biaya
  • Penyusunan Daftar Usulan Pelaksanaan Desa

Lokakarya yang dilaksanakan bersama antar pelaku pembangunan di Desa untuk membahas perencanaan tahunan desa yaitu untuk di tahun 2020. Ini juga bertujuan untuk mengevaluasi pembangunan tahun 2019, mengidentifikasi kegiatan dari RPJMDesa, Menyusun draf matrik kegiatan RKP Desa, serta menyusun rencana anggaran dan biaya dari masing-masing pelaksana kegiatan.


Diakhir acara ada penyampain berita acara hasil pembahasan melalui musyrawarah mufakat. Secara keseluruhan acara lokakarya berjalan lancar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon