01 September, 2018

Komunitas DeMIT Klirong Peduli Gempa Lombok 2018

Bakti Sosial Komunitas DeMIT untuk korban Gempa Lombok 2018


Klirong.Info - Komunitas DeMIT (Desa Melek Informasi dan Teknologi) kembali melakukan kegiatan, yang pada kali ini adalah bakti sosial untuk korban Gempa Lombok 2018, kegiatan ini bekerjasama dengan Perpusdes Ngudi Ngilmu Desa Klirong dan Pemerintah Desa Klirong. Kegiatan Komunitas DeMIT Peduli Lombok berjalan kurang lebih sekitar 21 hari telah berjalan dengan lancar dan tanpa halangan suatu apapun.

Pada minggu (12/8) lalu, genap dua minggu sejak Lombok diguncang gempa pertamanya yang berkekuatan 6,4 SR pada Minggu (29/7). Lebih dari 800 kali gempa terjadi di Pulau Seribu Masjid. Komunitas DeMIT berkoordinasi dengan cepat bersama anggota komunitas untuk penggalangan donasi. Maka pada hari Minggu (12/8) anggota komunitas mulai #BergerakBersama menggalang donasi di Dukuh Ketapen RW. 04 Desa Klirong yang sedang berlangsung kegiatan lomba-lomba untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73.


Kemudian kegiatan penggalangan donasi dilanjutkan di Stadion Candra Dilungka RW. 03 yang sedang berlangsung kegiatan Liga Lungka dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73. Kegiatan ini adalah contoh nyata dimana pemuda desa bergerak bersama untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang bencana yang terjadi di Lombok sekaligus contoh nyata kesigapan dan respon yang cepat dari pemuda untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial.


Rangkaian kegiatan penggalangan dana kemudian dilaksanakan kembali saat acara lomba-lomba di halaman kantor balai desa Klirong pada Minggu (19/8), pada acara yang berlangsung meriah, anggota komunitas kembali #BergerakBersama dalam menggalang donasi, dengan berbekal kardus Alhamdulillah donasi yang terkumpul mencapai 2 juta Rupiah lebih. Ini membuktikan bahwa dukungan akan kegiatan ini begitu besar dari warga masyarakat.


Banyak pihak meyakini, bahwa kegiatan ini dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi para korban gempa di Lombok. Dapat dilihat setelah kegiatan pada hari minggu, bantuan dalam bentuk Pakaian Layak Pakai dan Donasi Berupa Uang terus mengalir ke Komunitas DeMIT Klirong, warga masyarakat datang langsung untuk menyerahkan bantuan dan ada juga yang mentransfer melalui rekening yang dibuka oleh anggota komunitas.

Kemudian pada hari Rabu (22/8) Komunitas DeMIT membelanjakan sebagian donasi yang masuk untuk membeli berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh para pengungsi korban gempa lombok, diantaranya adalah pakaian dan celana bayi, pamers bayi, pampers dewasa, pembalut wanita, mainan anak untuk terapi trauma healing, perlengkapan sholat, dan Alat Tulis Sekolah sebesar Rp. 2.631.250.
Melihat antusiasme warga masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan melalui komunitas DeMIT Klirong maka melalui musyawarah dengan anggota komunitas dibuatlah kesepakatan bahwa kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana gempa lombok dilaksanakan sampai tanggal 31 Agustus 2018.


Dalam rangkaian kegiatan tersebut Anggota Komunitas DeMIT Klirong baik team putra maupun team putri bekerjasama dalam proses sortir dan packing pakaian, dimana pakaian dipilih berdasarkan jenisnya dan dipacking kemudian diberikan label isi.



Pada kenyataannya, hiruk pikuk kemeriahan dalam menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, tidak membuat lena para pemuda dan pemudi desa untuk mengabaikan saudara-saudara sebangsa yang tengah terkena bencana di lombok, pemuda saling bantu bahu-membahu sebagai motor penggerak bagi masyarakat luas untuk sama-sama membantu korban bencana gempa Lombok dengan menyuarakan gerakan #DemitPeduliLombok bersama Komunitas DeMIT Klirong.


Seluruh donasi yang masuk sudah disalurkan untuk para korban terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen. Pada hari Rabu (29/8) komunitas mengirim bantuan Pakaian layak pakai dan barang lainnya yang sudah dipacking, dan pada hari Sabtu (31/8) sampai penutupan donasi komunitas menyalurkan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 3.170.000 dari total bantuan uang yang diterima komunitas DeMIT adalah sebesar Rp. 6.631.250 yang mana sudah dibelanjakan dalam bentuk barang sebesar Rp. 3.461.250, donasi tersebut berasal dari sumbangan warga masyarakat baik yang diberikan secara langsung ataupun via transfer ke rekening yang dibuka oleh komunitas DeMIT.


Terima kasih yang sebesar-besarnya bagi warga masyarakat yang sudah turut membantu dan menyisihkan sebagian hartanya untuk saudara-saudara kita dilombok, semoga Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa membalas dengan kebaikan dan pahala. Amin....

Ikuti kegiatan komunitas DeMIT Klirong melalui media sosial, silahkan follow :

Instagram @DemitUnyu
Facebook @KomunitasDemitKlirong
Twitter @DemitKlirong

Artikel Terkait

1 comments so far


EmoticonEmoticon