09 Agustus, 2019

Profil Komunitas DeMIT Klirong

“Bergerak Bersama!” adalah motto dari Komunitas Desa Melek Informasi Teknologi Desa Klirong atau yang biasa disingkat DeMIT Klirong, sebuah community platform untuk pengembangan potensi anak muda yang berfokus di bidang kepemudaan, pemberdayaan dan sosial.


Dengan visi “Mewujudkan generasi muda yang mandiri, tangguh, terampil, berakhlak mulia, dan bermanfaat bagi masyarakat”, DeMIT Klirong bergerak melalui platform digital, komunitas lokal, inisiatif sosial dan program pelatihan.

Komunitas DeMIT memiliki kegiatan:

Pelatihan dan Pemberdayaan Kepemudaan
Komunitas DeMIT telah bekerjasama dengan beberapa desa dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk anak muda melalui kegiatan pelatihan bagi anggota Karang Taruna. Kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan, talkshow, workshop, latihan kepemimpinan hingga FGD dalam meningkatkan pengetahuan dan pengembangan kompetensi anak-anak muda di desa. Dalam penyelenggaraannya, Komunitas DeMIT tidak saja menginisiasi kegiatannya sendiri, namun juga aktif bekerjasama untuk sharing ilmu dengan beberapa Karang Taruna dan komunitas lainnya.

Aksi Sosial
Saat ini Komunitas DeMIT telah memiliki 4 local chapter di Desa Klirong yang aktif berkegiatan sejak Desember 2017. Tujuannya adalah untuk memberdayakan pemuda dan menggerakkan mereka dalam aksi kerelawanan yang berdampak bagi lingkungan sekitar di tingkat lokal maupun nasional. Setidaknya sudah 2 project sosial yang dilaksanakan yaitu Kegiatan Komunitas DeMIT Peduli Lombok dan Kita Untuk Palu dengan melibatkan masyarakat dan pemuda.

Kegiatan Olah Raga Desa
Komunitas DeMIT juga turut serta dalam pengembangan minta dan hobby bagi pemuda dalam bidang olah raga di Desa Klirong, dimana saat ini Komunitas DeMIT merupakan Official bagi Team Volley IVO’K Klirong.

Kegiatan Seni dan Budaya
Kami juga menyediakan ruang belajar bagi anak muda untuk menyalurkan hobby dan minatnya dalam bidang seni dan budaya, DMT Kustik menjadi salah satu Band Akustik dibawah naungan Komunitas DeMIT.

Konten Edukasi
Dengan memanfaatkan teknologi digital melalui website dan sosial media, Komunitas DeMIT berupaya menyediakan konten yang informatif dan edukatif. Komunitas DeMIT ingin melawan informasi buruk/tidak baik (hoax) yang saat ini menyebar di kalangan anak muda, dengan memberitakan tentang Desa mulai dari kegiatan komunitas, prestasi pemuda Indonesia, wawasan keindonesiaan.

Kegiatan Usaha Bagi Pemuda
Untuk membiayai kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas saat ini ada beberapa usaha yang dijalankan oleh Komunitas DeMIT, diantaranya adalah :

INDEK, brand usaha di bawah naungan Komunitas DeMIT, sebagai usaha yang bergerak di bidang layanan berbasis data, pengembangan infrastruktur jaringan, dan aplikasi dengan bisnis utama jasa layanan internet.

DMT Cloth. merupakan industri kreatif yang bergerak dibidang jasa sablon manual dan Digital dan juga konveksi dibawah naungan Komunitas DeMIT Klirong.

DeMIT Steam, di sini kami menyediakan jasa pencucian mobil dan motor dan kendaraan lainnya. Tarifnya pun tidak terbilang mahal, hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 untuk kendaraan roda dua atau motor dan Rp. 30.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil.
Pengelolaan Ternak, ini adalah kegiatan paling baru dari Komunitas DeMIT, bekerjasama sama dengan Pemerintah Desa Klirong, Kelompok Usaha Bersama atau KUBE Makmur dan KUBE Pintu Rizki, komunitas mengelola 44 Kambing kelompok dalam 1 kandang komunal yang bertempat di RW 3 Desa Klirong.

DeMIT Documentary, adalah usaha dibawah Divisi Dokumentasi, Publikasi dan Penyiaran Komunitas DeMIT Klirong menjadi salah satu usaha jasa pelayanan Fotografi dan Video Shooting. Dengan menawarkan Jasa Foto Weding dan Preweding, Pembuatan Video Iklan Komersial, dan Pembuatan Video Company Profile.

Serta beberapa Project Usaha yang dalam masa pengembangan dan berbagai kegiatan dan event yang sudah masuk dalam tahap perencanaan dan pembahasan bersama anggota komunitas.

Semoga setiap hal kecil yang kami lakukan, membawa perubahan bagi masa depan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon