25 Agustus, 2019

Menuju 10 Besar Dunia, Indeks Efektivitas Pemerintah


Klirong.Info - Tahukah kamu? Pemerintah tengah berupaya untuk mencapai peringkat 10 besar dunia dalam Indeks Efektivitas Pemerintah pada tahun 2034, pemerintah tengah melakukan berbagai upaya agar target reformasi birokrasi tidak menuai kendala.

Karena merujuk pada data Kemenpan-Rebiro tahun 2018, dari total 4,28 juta ASN tercatat bahwa kelompok jabatan fungsional administrasi umum hanya sebesar 39% atau 1,67 juta, sedangkan demografi usia dengan modus 51 tahun sekitar 20,36%.

Ada beberapa upaya pemerintah demi terwujudnya target efektivitas tersebut, diantaranya adalah dengan penguatan skema manajemen talenta nasional untuk ASN berbasis Big Data dan teknologi informasi pada tahun 2022.

Kemudian menjadikan penguatan sistem merit menjadi salah satu aksi di dalam Stranas Pencegahan Korupsi. Kemudian menekan angka low performance dan low competence ASN mendekati 0% pada tahun 2029.

Selain itu juga untuk menunjang capaian tersebut Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja ASN. Lalu pada posisi jabatan fungsional tertentu pemerintah akan meningkatkan menjadi minimal 40% dari total ASN yang ada dan proporsi jabatan fungsional umum kedepan tidak lebih dari 10% dari jumlah total ASN.

Menurutmu, apakah upaya-upaya pemerintah tersebut dapat meningkatkan efektivitas secara signifikan?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon