05 Juni, 2018

Kegunaan Dan Fungsi Kartu Tani


Klirong.Info - Indonesia adalah negara agraris yang sebagian besar penduduknya adalah petani, dengan berbagai komoditi unggulan seperti padi, jagung, dan lain-lain. Dalam rangka mendukung pertanian Indonesia, Himpunan Bank Negara (HIMBARA) mempersembahkan Kartu Tani.

Kartu Tani adalah kartu debet tabungan multi fungsi yang terintegrasi dengan Sistem Manajemen Pangan Indonesia (SIMPI), kartu tani tersebut dapat digunakan petani untuk transaksi jasa keuangan secara umum, dan juga dapat digunakan untuk pembelian pupuk bersubsidi, selain itu kartu tani dapat juga digunakan untuk mengakses bantuan sosial dan edukasi dari pemerintah serta berbagai informasi seperti harga saprotan dan komoditi, dan stok pupuk bersubsidi diberbagai wilayah.

SIMPI adalah sistem informasi yang memuat database petani secara detail, meliputi identitas, lahan, komoditas, musim tanam, kebutuhan pupuk, harga saprotan dan komoditi, BUMN Off Taker, dan stok pupuk diberbagai wilayah yang terecord dengan baik. Sehingga selain bermanfaat bagi petani SIMPI juga memberikan manfaat kepada pemerintah dalam menyalurkan pupuk bersubsidi, batuan sosial, dan kegiatan edukasi bagi petani secara efisien dan termonitor yang tepat sasarannya.

Melalui SIMPI setiap saat pemerintah dapat mengakses informasi perkiraan jadwal dan produktifitas panen setiap komoditi yang dapat menjadi bahan dalam menentukan arah kebijakan disektor ketahanan pangan. Informasi perkiraan jadwal dan produktifitas panen juga dapat dimanfaatkan oleh BUMN Off Taker seperti BULOG, PTPN, RNI, BGR dan sebagainya, untuk memperkirakan pembelian panen, termasuk luas lahan, jadwal, volume, dan kebutuhan anggaran. BUMN penyedia pupuk juga dapat memanfaatkan SIMPI untuk melakukan manajemen produksi dan distribusi pupuk secara nasional, yang pada akhirnya Kartu Tani dan SIMPI dapat meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

“Sejahtera Petani Indonesia, Sejahtera Rakyat Indonesia”

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon