15 November, 2021

Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan BPD Kecamatan Klirong


 Sabtu (13/11/2021), BPD Desa Klirong Beserta Kepala Desa Klirong mengikuti Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan BPD Kecamatan Klirong, Atau Lebih kita kenal dengan sebutan Studi Banding, dengan mengunjungi sebuah desa di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sebuah Desa yang sudah menjadi Desa Wisata yang cukup terkenal di seantero Negeri. 

Desa Pentingsari, Sebuah desa yang terletak di Kaki Gunung Merapi. Karena Desa Pentingsari masih berada di Wilayah Taman Nasional Gunung Merapi warga desa bergegas mencari Keunikan lain yang ada di desanya. Salah satunya dengan Kesuburan tanahnya yang memang sudah sering tercampur Abu Vulkanik dari gunung Merapi. Salah satu Warga desa berinisiatif menanam Pohon Kopi, yang sekarang terkenal dengan Kopinya yang diberi nama KOPI MERAPI.

Desa ini dikenal di mancanegara sebagai salah satu desa wisata dengan segudang penghargaan. Sepak terjang desa wisata ini tak lepas dari peran Ketua Desa Wisata Pentingsari, yakni Doto Yogantoro. Ia menceritakan awal mula Pentingsari dibangun hingga menjadi desa wisata.



Karena Kegigihan warga desa dalam aktivitasnya mengelola desa wisata, Pentingsari mendapat berbagai penghargaan salah satunya adalah Indonesia Suistainable Tourism Awards (ISTA) 2017 dalam kategori ekonomi.

Desa wisata Pentingsari juga pernah masuk 100 Top destinasi pariwisata berkelanjutan di dunia versi Global Green Destination Days (GGDD) 2019.

Kegiatan ini juga bejalan Atas inisiatif dari Camat Klirong yaitu Bapak Eko Purwanto, S.STP., M.Si. beliau mengatakan bahwa

        "Desa di Kecamatan Klirong juga bisa seperti Desa Pentingsari, mulailah dari kegiatan mikro yang dapat membuat nilai jual dari desa tersebut. Keluarkan gagasan-gagasan dari anggota BPD yang hadir, Musyawarahkan dengan Pemerintahan Desa, Kalau kita mau kita pasti bisa."



Kegiatan yang diikuti oleh 14 desa mendapatkan banyak pelajaran dari desa Pentingsari, salah satunya cara membuat kopi, cara penyajian kopi, dan sebagainya.


Kunjungan berlanjut menuju sebuah Pabrik Kaos yang pernah mendapatkan Rekor MURI dengan Kategori Pembuatan kaos Terbesar. yaitu OMAH OBLONG.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon