17 April, 2020

Komunitas Pemuda Klirong Bergerak! : "Langkah Kecil Bantu Tim Medis"




Klirong.info - Jum'at (17/04) Pageblug sudah selayaknya mempersatukan rasa kemanusiaan dan saling bahu membahu menangani wabah ini. Keprihatinan terhadap kondisi demikian, mendorong pemuda Desa Klirong untuk bergerak, terbingkai dalam #LangkahKecilBantuTimMedis. 

Gerakan ini diprakarsai oleh Sari Rumanti Palupi yang aktif dalam kegiatan kepemudaan di Desa Klirong, dibantu oleh Komisi Pemuda Gereja (KOMPARA) GKJ Tengahan. Tercatat sampai hari ini langkah kecil bantu tim medis tengah menggarap ribuan jumlah satuan pesanan APD dari berbagai wilayah di Indonesia. 

"Saya tidak menyangka, gerakan kecil ini menuai respon permintaan yang banyak, bahkan sampai luar Jawa", kata Sari. Tim Medis sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah pageblug sudah mestinya dilengkapi dengan APD. Ibarat prajurit, mereka harus dipersenjatai lengkap. Nyawa menjadi taruhannya. 

Berikut adalah daftar pesanan APD dari berbagai instansi maupun masyarakat yang terdiri atas kebutuhan Face Shield ( pelindung wajah ), dan masker datang dari berbagai wilayah, antaranya Puskemas Klirong, RSUD Alimuddin Umar, Lampung Barat, Puskesmas Karanggayam 2, Puskesmas Buayan, Puskesmas Sadang, RS PKU Sruweng, Puskesmas Sopi, Morotai, Maluku Utara, RS Panti Rapih , Jogja, RS Siaga Raya, Jaksel, RS Emanuel, Banjarnegara, Puskesmas Nagi, Flores, Puskesmas Kedungreja, Cilacap dan Komunitas LDSK. 

Kelangkaan APD diberbagai lini faskes di Indonesia menjadi masalah yang harus diperhatikan, Sari berharap dengan adanya langkah kecil ini bisa sedikit membantu mereka yang berada di garda terdepan. "Dari banyaknya respon permintaan tersebut, bisa disimpulkan kebutuhan APD masih sangat kurang banyak", tambah Sari. 

Pemuda Desa tentu bisa bergerak lokal, berdampak besar. Tergeraknya pemuda menandakan masih adanya hati nurani yang waras. Menjawab hal tersebut, langkah kecil bantu tim medis masih membutuhkan banyak bantuan untuk terlibat dalam pembuatan APD. "Kami masih membutuhkan bantuan banyak pihak untuk bergerak bersama, mengingat permintaan bantuan semakin bertambah. Terutama tenaga mandiri untuk membuat APD tersebut", ujar Sari.

Laporan hasil donasi yang telah dibelanjakan untuk pembuatan APD, kata Sari akan diposting di laman Fans Page Facebook "Langkah Kecil Bantu Tim Medis setiap Sabtu Sore. Hal tersebut sebagai pertanggungjawaban sekaligus laporan transparansi dana kepada pihak donatur.






Artikel Terkait

Hi, follow twitter @kangtoer aja, siapa tau jodoh :)


EmoticonEmoticon