27 Maret, 2020

Desa Klirong Deklarasi Perang Lawan Covid-19 dengan GMPDM



Desa Klirong merespon cepat dengan berkoordinasi bersama forkopimcam. Pelaksanaan Gerakan Masal Penyemprotan Disinfektan Mandiri (GMPDM) serentak di seluruh penjuru Kabupaten Kebumen. Pada Jum’at, (27/3) telah resmi bergerak. Dipimpin oleh Bupati Kebumen bersama Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanggulangan Virus Diseases (COVID-19) di alun-alun Kebumen. 

Diketahui jumlah total masyarakat Desa Klirong sebanyak 1.790 penduduk, 578 jumlah kepala keluarga, dan terdapat 475 rumah yang terdiri atas 4 RW dan 12 Rukun Tetangga. Tak hanya menyemprot, dilakukan juga sosialisasi tentang bahaya corona, alur protokol kesehatan, serta upaya pencegahannya oleh gabungan elemen pemuda bersama pemerintah Desa Klirong. 

Tim Darurat Penanganan Virus Diseases (COVID-19) yang bergerak pada pelaksanaan tersebut berjumlah total 50-an anggota terdiri atas elemen Pemdes, forkopimdes, dan unsur pemuda Desa, serta jajaran terkait.

Kepala Desa Klirong, Slamet memberikan arahan kepada tim yang bergerak ke rumah-rumah penduduk. Menurutnya, dengan kekompakan bersama seperti ini, diharapkan perang tak kasap mata melawan virus covid-10 tak hanya satu kali ini saja, tetapi secara terus menerus hingga wabah tersebut tuntas. “Semoga semuanya selamat”, katanya. 

Desa Klirong mendapatkan bantuan pengadaan cairan disinfektan sebanyak 195 liter dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen (Disperkimlh). Masing-masing rumah penduduk dijatah 1 liter, kekurangan jumlah cairan disinfektan tersebut dapat ditangani dengan membuat sendiri secara mandiri berdasarkan resep yang telah direkomendasikan. 

Kades Slamet mengajak kepada seluruh warga Desa untuk aktif dan menyadari bersama tentang bahaya virus covid-19 ini dengan menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan dari pemerintah, diantaranya tidak melakukan aktifitas yang berkerumun dengan banyak orang, dan pentingnya jaga jarak. 

Bersamaan dengan itu, Kades menambahkan kesadaran warga dalam hal penanganan dan penanggunalan virus corona perlu ditingkatkan, menurutnya hal ini adalah kunci utama, berawal dari kesadaran masing-masing. "Jika ada penduduk yang baru pulang dari luar kota, diharapkan bisa dengan sendirinya hubungi RT/RW setempat untuk laporan dan cek kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat", tandasnya.



#LawanCorona
#DesaKlirongLawanCorona

Artikel Terkait

Hi, follow twitter @kangtoer aja, siapa tau jodoh :)


EmoticonEmoticon