02 September, 2019

Penyebaran Kapur Dolomit Di Area Sawah Desa Klirong


Klirong.Info - Pemerintah Desa Klirong dan Kelompok Tani Maju Desa Klirong terus-menerus secara masif mensosialisasikan dem area tanaman padi sehat ke sejumlah warga petani di Desa Klirong. Pada Kamis 31 Agustus 2019, dilakukan penyebaran kapur dolomit ke lahan area sawah petani di wilayah Desa Klirong, penyebaran kapur dolomit ini diharapkan nantinya tanaman padi sehat (dem area) ini untuk meningkatkan produksi dan kualitas pertanian di Desa Klirong, khususnya di kelompok tani Tani Maju.

Dengan harapan, para petani semakin sejahtera. Melalui program dem area ini, mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui bantuan kapur dolomit dan benih selain bantuan alsintan. Jumlah kapur dolomit yang diterima adalah sebanyak 1000 zak dan per zaknya adalah 50Kg, jadi total bantuan yang diterima adalah 50 ton.


Ketua Kelompok Tani Desa Klirong Mardiyanto yang juga menjabat sebagai Kaur Kesejahteran Rakyat (Kesra) Desa Klirong menyampaikan bahawa
"Tujuan dari penyebaran kapur dolomit ini agar ph tanah meningkat, sehingga nantinya akan menyuburkan tanah dan menghindari tanaman petani menjadi kerdil akibat kekurangan unsur hara dalam tanah", ujarnya.


Semua itu tujuannya tentu saja untuk meningkatkan hasil pertanian di Desa Klirong, utamanya adalah padi dan palawija. Dan pembiayaan untuk kegiatan penyebaran kapur dolomit ini berasal dari Dana Desa dan Swadaya Masyarakat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon