09 Juni, 2019

Pemuda - pemudi Klirong Selenggarakan Silaturahmi dan Halal Bi Halal




Klirong.info - Senin, 9 Juni 2019. Pemuda-pemudi Desa Klirong menyelenggarakan Silaturahmi dalam tajuk "Rayakan Kemenangan, Eratkan Tali Persaudaraan". Acara ini dihadiri oleh pemuda dan pemudi Desa Klirong, baik yang berdomisili asli maupun yang "pulang kampung" alias mudik. 

Acara tersebut terlaksana berkat dukungan penuh dari Pemdes Klirong selaku penyelenggara, diwakili oleh Plt. Kepala Desa, yakni Priyo Susanto, S.T. Arif Rakhman (Kaur Desa) sekaligus Panitia Pelaksana, dan panitia yang tergabung dari pemuda-pemudi Desa Klirong. 

"Desa Klirong memiliki 4 Rukun Warga yang di dalamnya terdapat sumber daya manusia untuk digerakan. Hal ini yang menjadi dasar kekuatan Desa. Acara ini merupakan salah satu langkah nyata untuk menyatukan warga, khususnya para pemuda untuk guyub rukun anyengkuyung bebarengan membangun Desa. Silaturahmi memiliki kekuatan besar untuk melepaskan berbagai macam kepentingan, pangkat, jabatan, atau status sosial. Karena pada hakikatnya, manusia adalah sama. Kita semua adalah saudara, tidak membeda-bedakan terhadap suatu apapun", ujar Arif saat ditemui tim DemIT untuk wawancara. 


Silaturahmi bukan modus penggerakan masa Pilkades
Silaturahmi di bulan syawal adalah momentum untuk bersatu kembali dalam satu tali persaudaraan setelah lama tak bertemu dan bersua dengan kampung halaman. Kaitannya dengan akan ada perhelatan pemilihan Kepala Desa yang memiliki dinamika tersendiri, kami menemui Plt. Kepala Desa (Priyo Susanto. S.T). Beliau menuturkan, pada awal perencanaan Silaturahmi ini, tidak ada kepentingan apapun yang terkait dengan Pilkades. Acara ini murni karena inisiatif dari pada pemuda-pemudi, Pemdes hanya sebagai fasilitator dan penanggung jawabnya. "Jika ada perbincangan yang menyangkut pautkan bahwa acara silaturahmi ini untuk menggalakan masa calon kepala Desa tertentu, adalah salah besar". Tambahnya.

Warga Desa Antusias 

Saat dilaksanakannya acara, salah satu Warga Desa (Juni, 26 th) yang juga pemuda Desa Klirong  dan tergabung dalam kepanitiaan, mengungkapkan kegembiaraannya. "Kami sangat antusias sekali saat ada acara seperti ini. Apalagi jika semua Pemuda-Pemudi memiliki kesadaran bersama untuk membangun Desa. Memiliki dedikasi untuk kemajuan Desa, dan ikut berpartisipasi aktif di setiap kegiatan kepemudaan". Ungkapnya.


Di sisi lain, Ipung Purwo, warga Desa yang kebetulan melintas saat diselenggarakannya acara tersebut mengaku ikut senang. "Acara silaturahmi pada umumnya dikemas dalam protokoler yang resmi, unsur agama yang kental. Namun kali ini saya rasa berbeda dan cukup unik, karena pendekatan silaturahmi berbasis kepemudaan dengan perayaan Hari Raya yang santun dan tetap meriah, penuh dengan rasa kebersamaan", tandasnya.  

Harapan
"Berjalannya acara yang digagas oleh pemuda-pemudi Desa Klirong tersebut, memberikan efek positif bahwa ada kesan yang tersampaikan, yakni mulai bangkitnya semangat kepemudaan. Mengingat, Karangtaruna Desa Klirong sudah lama vakum. Semoga dengan semakin giatnya acara tentang kepemudaan, bisa menjadi embrio Karangtaruna untuk bangkit kembali". Hal tersebut dituturkan oleh Slamet, mantan Kades masa bhakti 2014-2019.

Artikel Terkait

Hi, follow twitter @kangtoer aja, siapa tau jodoh :)


EmoticonEmoticon