03 Juni, 2018

Pemugaran Petilasan Makom Mbah Prabu Jaka

Krajan, Gebangsari - Assalamuala'ikum Wr.Wb !
Petilasan Makom Mbah Prabu Jaka yang sempat terbengkalai dan hampir hilang karena adanya pembangunan kandang sapi koloni milik salah satu kelompok ternak sapi yang ada di desa Gebangsari yang diberdiri disekitar lokasi Makom.

 Cungkup Mbah Prabu Jaka. Lokasi Desa Gebangsari

Awal mula pemugaran makom tidak lah direncana ataupun dimusyawarahkan secara resmi dan terkordinasi oleh warga ataupun Pendes Gebangsari, terlaksananya pemugaran makom itu secara serentak/spontanitas kemauan dari banyak warga Gebangsari yang datang kelokasi makom Mbah Prabu Jaka saat beberapa warga sedang membersihkan lokasi makom untuk nantinya sekedar diberi pagar bambu.
Satu, dua, tiga dan terus bertambah warga yang berdatangan ke makom.
Disituasi makin banyak warga yang datang serentak muncul ide-ide untuk membangun kembali makom tersebut dan mereka saling berlomba-lomba untuk menyumbangkan dana, material, tenaga, dan konsumsi, sehingga pada akhirnya terlaksanalah pembangunan makom dengan diawali peletakan batu pertama pondasi bangunan cungkup makom pada hari Kamis 10 Mei 2018.
Pembangunan begitu gencar dan masyarakat sangat semangat sehingga  dengan waktu begitu singkat (sekitar 3 minggu) Alhamdulillah sekarang telah berdiri kokoh dan rapi cungkup makom Mbah Prabu Jaka.


SEKILAS AWAL MULA TERLAKSANANYA PEMUGARAN CUNGKUP MAKOM PRABU JAKA
Berawal dari adanya acara peliputan dari salah satu tv nasional yaitu Trans7, yang awalnya dijadwalkan Kamis 10 Mei 2018 terjadi penundaan jadwal peliputan menjadi Senin 14 Mei 2018.
Sehingga pada hari Selasa malam 9 Mei 2018 sekitar pukul 11.50 wib beberapa warga yg rutin menyambangi galeri Kampung Wisata Gerabah Gebangsari dan rutin latihan kesenian karawitan dan calung.
Seusai latihan kesenian masih ada beberapa warga yang belum langsung pulang dan masih mengobrol sekedar membahas persiapan peliputan oleh Trans7 yang sempat tertunda peliputanya, sekitar 4 warga yang masih asik ngobrol diantaranya salah satu pengrajin gerabah, penjaga galeri, ketua Pokja Wisata dan seksi kesenian.
Di dalam obrolan mereka tiba - tiba muncul gagasan untuk membersihkan petilasan mbah Prabu Jaka karena kondisinya yg begitu memprihatinkan. Dan akhirnya mereka sepakat untuk esok harinya yaitu hari Rabu 9 Mei 2018 untuk memulai bersih-bersih dan sekedar mendirikan pagar bambu.
Rabu pagi 09 Mei 2018 dimulailah pembersihan lokasi makom berawal 2 orang dan bertambah menit semakin banyak warga berdatangan sehingga akhirnya muncul ide untuk pemugaran dengan mendirikan bangunan cungkup makom mbah Prabu Jaka.

Demikan sepenggal kisah pemugaran makom mbah Prabu Jaka. Harapan dari warga Gebangsari agar kita senantiasa menjaga situs/peninggalan bersejarah sebagai penghormatan kepada leluhur dan menjaga bukti sejarah supaya anak cucu nanti bisa mengetahui sejarah-sejarah desa.
Semoga bisa menambah informasi, sekian Wassalamu'alaikum Wr.Wb !



Pemasangan Pondasi

Pengerjaan 50%

Kerja bakti Lembur Malam (hasil 90%)


Pengerjaan 100%
Cungkub Mbah Prabu Jaka

Artikel Terkait

1 comments so far

Terimakasih telah menghargai nilai leluhur serta sejarah


EmoticonEmoticon